Waktu yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis

Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan
Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan
May 8, 2020
Tips Sukses Merintis Usaha dari Nol
Tips Sukses Merintis Usaha dari Nol
May 10, 2020

Waktu yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis

Waktu yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis

Waktu yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis

Sebagai pelaku bisnis atau pengusaha impian terbesarnya sudah barang tentu mampu mengembangkan bisnis yang digeluti dan terus berkembang pesat. Adapun yang dimaksud pengembangan bisnis dapat beragam bentuknya mulai dari pembukaan cabang baru di beberapa tempat, pengembangan dan inovasi produk, peningkatan kesejahteraan, dan lain sebagainya. Keputusan untuk mengembangkan usaha atau bisnis biasanya tidak muncul begitu saja tapi berdasarkan data penjualan dan keuntungan yang terus meningkat. Sehingga terbersit difikiran untuk mulai mengembangkan bisnis misalnya membuka cabang baru agar keuntungan yang diperoleh bisa semakin besar dan produk yang ditawarkan bisa semakin dikenal luas. Langkah awal saat mulai melakukan pengembangan bisnis biasanya dibarengi dengan semangat yang menggebu untuk bisa membawa bisnis yang dijalankan naik level. Namun, alangkah baiknya sebelum terlanjur memulai mengembangkan prouk harus dipertimbangkan dengan matang, jangan sampai karena terlalu berambisi jadi kurang pertimbangan hingga kenyataannya tidak sesuai harapan, bukannya keuntungan tapi malah kerugian yang didapat. Untuk itu sebelum melangkah ke pengembangan bisnis kenali dahulu ciri-cirinya yang menjadi dasar sebagai waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis, diantaranya:

Pelanggan Setia terus Bertambah

Ciri yang kentara bahwa bisnis yang dijalankan sudah layak untuk mengembangkan usaha bisa terlihat dari semakin bertambahnya pelanggan setia disamping pelanggan baru. Pelanggan setia merupakan pelanggan lama yang terus kembali memanfaatkan atau membeli produk yang Anda tawarkan. Hal tersebut dapat terjadi karena mereka puas dengan kualitas produk yang Anda tawarkan dan juga layanan yang memuaskan, sehingga mereka sudah merasa nyaman dan enggan untuk berpindah ke tempat lain. Dengan demikian maka pendapatan dan keuntungan yang diraih bisa lebih stabil. Walaupun harus difahami kondisi tersebut tidak akan dengan mudah dicapai, karena membutuhkan kerja keras, keuletan, sabar dan doa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahakan pelanggan tetap setia, yaitu: Bualah database pelanggan, selain untuk mengetahui seberapa banyak pelanggan setia bisnis Anda, juga untuk mempermudah memberi tahu bila ada promo. Tetap terhubung dan menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Dan membangun komunikasi lebih aktif dengan para pelanggan.

Permintaan Pelanggan untuk Mengembangkan Bisnis

Dengan terjalinnya hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan biasanya pelanggan akan memberikan feedback atau masukan baik itu kiritakan, saran ataupun pujian. Salah satunya mungkin permintaan agar Anda bisa membuka cabang baru di lokasi mereka atau tempat tertentu. Hal tersebut bisa merupakan suatu ciri memang sudah waktunya Anda mengembangkan bisnis. Bisa karena besarnya permintaan akan produk bisnis Anda di tempat tersebut ataupun agar lebih mudah dan cepat mereka mendapatkan produk yang Anda tawarkan.

Butuh Ruang yang lebih Luas

Selain faktor eksternal seperti pelanggan yang mempengaruhi sudah waktunya mengembangkan bisnis, faktor internal juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda melakukan pengembangan usaha. Salah satunya Anda merasa bahwa ruang tempat operasional usaha saat ini sudah tidak memadai lagi misalnya karena permintaan akan produk yang meningkat sehingga stok produk juga makin banyak, karyawan juga bertambah, jadi kebutuhan akan ruang yang lebih luas menjadi penting. Maka ini bisa menjadi salah satu ciri sudah waktunya Anda mengembangkan bisnis dengan cara pindah ke tempat yang lebih luas dan strategis.

Mempunyai Karyawan yang Kompeten dan Amanah

Faktor internal lainnya yang menunjukan Anda sudah waktunya mengembangkan bisnis, ketika Anda sudah mempunyai karyawan yang kompeten dan amanah atau bisa dipercaya. Mengingat pengembangan bisnis memerlukan tenaga yang banyak dan pastinya menyita waktu dalam menangani bisnis yang semakin luas jangkauannya. Hal tersebut membutuhkan peran karyawan yang kompeten dan bisa dipercaya untuk membantu operasional usaha agar dapat berjalan lancar. Maka Anda harus mempunyai strategi yang tepat dalam merekrut karyawan, agar bisa mendapatkan karyawan yang benar-benar kompeten, dapat dipercaya dan punya semangat sert motivasi tinggi untuk mengembangkan bisnis.

Sistem Manajemen yang Handal

Tidak kalah pentingnya sebelum melakukan pengembangan bisnis, pastikan Anda mempunyai sistem manajemen yang handal. Karena sistem manajemen yang handal akan mampu menopang operasional usaha dari berbagai cabang. Dengan sistem manajemen yang handal juga akan memberikan ketenangan pada Anda karena karyawan sudah tahu apa yang harus dikerjakan, jadi Anda tinggal memonitor dan melakukan fungsi manajemen dan controlling saja.

Produk Inovatif dan Berkualitas

Untuk mampu bertahan dalam persaingan usaha yang begitu ketat dibutuhkan produk yang inovatif dan berkualitas tinggi. Inovasi produk akan membuka peluang mengurangi persaingan dan menarik minat pelanggan karena tidak ditemukan di tempat lain. Dengan demikian peluang keuntungan meningkat signifikan lebih besar karena permintaan juga meningkat. Hal tersebut menjadi salah satu ciri yang bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan bisnis.

Modal yang Cukup

Dalam pengembangan usaha ciri yang paling kuat Anda sudah siap dan waktunya mengembangkan usaha adalah mempunyai modal yang cukup. Mengingat tanpa modal yang cukup, pengembangan usaha atau bisnis tentunya sulit untuk direalisasikan. Salah satu cara untuk mengetahui mempunyai modal yang cukup atau seberapa besar uang hasil usaha yang dimiliki dalam usaha pengembangan bisnis adalah dengan menghitung pendapatan yang masuk dikurangi dengan berbagai pengeluaran. Selain itu bila bisnis yang dijalankan mempunyai aliran dana yang lancar, dimana pemasukan dan keuntungan cenderung stabil bahkan meningkat, itu bisa juga menjadi salah satu indikator sudah waktunya mengembangkan bisnis.

Demikianlah penjelasan singkat tentang waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Semua tentunya bergantung pada kondisi real dari masing-masing bisnis yang dijalankan. Nah, bagi Anda yang jangankan mengembangkan usaha, malah masih bingung mau bisnis apa, sebaiknya coba membuka usaha bisnis agen pulsa dan PPOB. Silahkan daftar di Toko isi pulsa agar Anda bisa segera memulai bisnis pulsa dan PPOB, tidak menutup kemungkinan pada akhirnya memerlukan pengembangan bisnis. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan Kami
Powered by