Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan

Bingung Mau Bisnis Apa? Kenapa Tidak Mencoba Binis Makanan Ringan
Bingung Mau Bisnis Apa? Kenapa Tidak Mencoba Binis Makanan Ringan
May 7, 2020
Waktu yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis
Waktu yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis
May 9, 2020

Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan

Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan

Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan

Siapa sih yang tidak ingin punya usaha sendiri, bahkan yang sudah memiliki pekerjaan tetap sekalipun banyak yang punya binis atau usaha. Tapi yang jadi permasalah bingung mau usaha apa dan keterbatasan modal. Kalau demikian adanya, cobalah Anda fikirkan tentang minat, bakat, kemampuan, keahlian, keterampilan yang dimiliki. Lalu tentukan mau buka usaha apa yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Karena memulai dan menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat sedikit lebih mudah dan menyenangkan, paling tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Terkait modal bisa dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan dan kreatiflah berusaha mencari investor atau orang yang mau diajak kerjasama. Salah satu jenis usaha yang dapat dipertimbangkan untuk dijalankan adalah bisnis usaha percetakan. Terlebih jika Anda punya keterampilan dalam bidang desain grafis. Ditambah permintaan yang terus meningkat untuk pembuatan kartu undangan, baner promosi, spanduk, stempel, baliho, kartu nama, dll. merupakan peluang yang harus dimanfaatkan secara maksimal.

Sebelum mulai merintis bisnis usaha percetakan pastikan dahulu bahwa Anda sudah membuat perencanaan yang matang. Karena dengan perencanaan yang matang bisnis dapat dijalankan sesuai rencana, tahu apa yang harus dilakukan, mana saja yang menjadi prioritas, stategi pemasaran yang dijalankan, target usaha, dan melakukan penghematan untuk biaya operasional. Sehingga peluang memperoleh keuntungan dan meraih kesuksesan lebih besar. Modal mungkin bisa menjadi kendala tapi tidak sedikit juga mengalami kesulitan dimasa awal merintis bisnis karena kurang kuat dan tidak konsisten dalam niat dan kerja keras. Jadi salah satu faktor untuk meraih kesuksesan selain modal adalah niat yang kuat dan kerja keras yang disertai dengan doa. Nah, untuk membantu bagaimana memulai merintis bisnis usaha percetakan, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum menjalankan usaha percetakan, diantaranya:

Gali Informasi sebanyak Mungkin tentang Usaha Percetakan

Banyaknya informasi yang didapatkan sebelum memulai bisnis usaha percetakan akan sangat membantu untuk menentukan langkah awal dan besaran modal yang dibutuhkan serta hal-hal yang harus dipersiapkan. Selanjutnya menentukan jenis usaha percetakan yang digeluti, apakah mengarah ke percetakan offset ataukah mengarah pada percetakan digital yang tentunya dipengaruhi oleh besaran modal yang dimiliki. Kemudian yang penting juga untuk dipertimbangkan adalah peralatan dan keahlian apa saja untuk menjalankan usaha percetakan tersebut. Jika belum punya keahlian, Anda bisa mengikuti pelatihan terlebih dahulu, atau merekrut karyawan yang kompeten dalam bidang percetakan.

Perlakukan Pesain sebagai Teman

Jangan menganggap usaha percetakan milik orang lain sebagai pesaing, karena kenyataannya akan saling membutuhkan. Untuk itu cobalah untuk menjalin kerja sama, agar Anda dapat menimba ilmu dan pengalaman dari mereka yang sudah lebih dahulu terjun dalam bisnis percetakan. Mengingat banyak hal yang mungkin belum Anda ketahui seperti jenis kertas dan supplier terpercaya.

Pahami Proses Produksi

Jarang diketahui alasan suatu usaha gagal bersaing hingga akhirnya gulung tikar karena tidak tahu secara pasti apa yang harus dikerjakan dalam menjalankan usahanya. Demikian juga dengan bisnis percetakan harus dipahami bagaimana proses produksi berlangsung.

Membuat Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis sangat diperlukan agar bisnis dapat berjalan pada track yang sudah ditetapkan demikian juga dengan strategi pemasaran dan anggaran. Dalam sebuah perencanaan biasanya tertulis segala informasi seperti modal, biaya untuk kebutuhan awal, transportasi hingga operasional. Perkiraan keuntungan harian, lama waktu yang dibutuhkan agar modal bisa kembali, hingga kegiatan promosi dan inovasi.

Mempromosikan Bisnis

Tidak kalah pentingnya dalam menjalan bisnis adalah mempromosikan bisnis itu sendiri. Promosi tentu saja sangat diperlukan agar bisa mendapatkan pelanggan. Karena dengan banyak pelanggan maka besar peluangnya untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Kegiatan promosi dapat dilakukan secara offline dengan menyebar brosur atau pamphlet dan stiker, menawarkan ke berbagai perusahaan atau tempat usaha dengan diskon khusus, dll. Selain offline manfaatkan pula untuk berpromosi secara online melalui media sosial, dan untuk menjangkau lebih banyak pengguna internet dan bila ada anggaran cukup bisa memasang iklan berbayar.

Jangan Menolak Order

Dalam menjalankan suatu usaha tak terkecuali bisnis percetakan, jangan pernah menolak order karena alasan besar atau kecilnya order yang masuk, diluar kemampuan dan atas alasan lainnya. Terima setiap order yang masuk untuk menunjukan bahwa bisnis yang Anda kerjakan memang profesional sekaligus agar pelanggan lain bisa tahu kualitas lebih dari bisnis Anda. Pun demikian jika order yang masuk diluar kemampuan Anda, terima saja, bukankah Anda sudah menjalin kerja sama dengan percetakan lain, Anda bisa bagi hasil dengannya dan Anda tidak kehilangan pelanggan sekaligus dimata pelanggan bisnis Anda unggul dan terpercaya.

Pertahankan Kualitas

Jangan perdulikan besar atau kecil order yang Anda terima, kualitas harus tetap terjaga. Dengan kualitas yang baik, Anda akan mampu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, karena kepuasan pelanggan adalah yang utama. Karena perlu diingat, keuntungan yang diperoleh berasal dari pelanggan. Selain itu pelanggan yang merasa puas dengan hasil karya Anda biasanya akan memberi tahu teman, kerabat dan lainnya, sehingga secara tidak langsung bisnis Anda sudah terbantu dipromosikan.

Demikianlah informasi tentang tips bagaimana merintis bisnis usaha percetakan. Dan patut disadari bahwa dalam merintis dan menjalankan bisnis akan banyak halang rintang yang menghadang. Bisa saja sepi order, mengalami kerugian, dll. Itulah ujian yang harus Anda hadapi dalam bisnis apapun, agar Anda menjadi tangguh mampu memcahkan setiap masalah dan mendapatkan solusi untuk setiap kendala yang menghadang. Perjalanan waktu akan membuktikan ketangguhan Anda dalam menjalankan bisnis. Ingatlah hasil tidak akan mengkhianati proses, jadi jangan takut gagal tapi maju terus pantang mundur apalagi menyerah. Disamping bisnis percetakan tidak ada salahnya Anda juga menjadi agen pulsa dan PPOB, sehingga bisa mendapat penghasilan tambahan. Untuk bisa memulai bisnis agen pulsa dan PPOB bisa daftar di Toko Isi Pulsa. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan Kami
Powered by