Pentingnya Rencana Pemasaran dalam Bisnis

Menyiasati Keterbatasan Modal dalam Merintis Bisnis
Menyiasati Keterbatasan Modal dalam Merintis Bisnis
May 11, 2020
Inilah Cara Membuat Rencana Pemasaran suatu Bisnis
Inilah Cara Membuat Rencana Pemasaran suatu Bisnis
May 12, 2020

Pentingnya Rencana Pemasaran dalam Bisnis

Pentingnya Rencana Pemasaran dalam Bisnis

Pentingnya Rencana Pemasaran dalam Bisnis

Rencana pemasaran atau dalam bahasa Inggrisnya marketing plan ialah salah satu dokumen penting berisi perencanaan dan strategi pemasaran dalam menjalankan bisnis, agar produk yang ditawarkan dapat maksimal dalam pemasarannya sesuai target pasar yang telah ditetapkan, karena semua sudah terencana dengan baik. Maka dari itu setiap pelaku bisnis harus punya rencana pemasaran yang lengkap, sehingga tidak bingung lagi bagaimana memasarkan produk. Paling tidak dengan sudah memiliki rencana yang terdokumentasi, jadi tahu apa yang harus dilakukan, dan tidak kesulitan bila ingin melakukan evaluasi. Beberapa hal yang perlu difahami terkait rencana pemasaran diantaranya pengertian rencana pemasaran, alasan pentingnya rencana pemasaran, sampai jenis-jenis rencana pemasaran. Dengan memahami hal tersebut diharapkan tumbuh kesadaran akan perlunya membuat rencana pemasaran untuk suatu bisnis yang mungkin terlupakan atau karena ketidaktahuan terutama para pelaku bisnis usaha sendiri, kecil dan menengah.

Sebelum memahami apa itu rencana pemasaran, perlu tahu dahulu apa itu pemasaran atau marketing. Barangkali ada yang merasa bahwa pemasaran dekat dengan istilah perdagangan, padahal istilah pemasaran dan perdagangan digunakan dalam konteks yang berbeda. Dalam ilmu ekonomi istilah perdagangan biasanya dipergunakan untuk ruang lingkup ekonomi makro, sedangkan dalam ilmu manajemen cenderung menggunakan istilah pemasaran. Dimana pemasaran itu sendiri adalah suatu proses menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai pada pihak lain dalam lingkup sosial dan manajerial yang dilakukan baik oleh individu ataupun kelompok untuk memperoleh apa yang mereka inginkan atau butuhkan. Karena itu tidak heran apabila dalam pemasaran diperlukan koordinasi dan sistem manajerial yang dilakukan terus menerus untuk mencapai tujuan atau target tertentu.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan pemasaran, baru kita fahami yang dimaksud dengan rencana pemasaran atau marketing plan. Rencana pemasaran adalah dokumentasi yang berisi langkah-langkah dan strategi untuk memasarkan produk pada suatu periode waktu tertentu agar bisa mencapai tujuan yang ditetapkan atau sasaran tertentu. Dalam rencana pemasaran biasanya berisi strategi yang kompleks tentang garis besar untuk memasarkan produk hingga target dapat tercapai dan posisi dalam pasar dapat diketahui serta target pasar yang dituju. Jadi tidak heran bila rencana pemasaran dibuat dengan landasan visioner tentang visi besar perusahaan dan target yang ingin dicapai. Berikut ini dijelaskan secara singkat manfaat dari rencana pemasaran, fungsi rencana pemasaran, dan alasan mengapa rencana pemasaran penting dalam menjalankan bisnis, yaitu:

Pengendali Keuangan

Rencana pemasaran akan menjalankan fungsi mengkoordinasikan komitmen keuangan perusahaan agar tetap terkendali untuk menghindar penggunaan uang perusahaan diluar kepentingan bisnis. Sehingga bisnis dapat berjalan dan berkelanjutan dengan pengendalian finansial yang terarah dan disiplin.

Evaluasi Kinerja

Dengan adanya rencana pemasaran kinerja bisnis dapat dievaluasi, mengingat rencana pemasaran tidak hanya berisi target yang hendak dicapai saja, tapi juga sebagai parameter atau benchmark keberhasilan. Parameter keberhasilan bukan hanya dinilai dari besarnya pemasukan dan pengeluaran, tapi juga dari berbagai indikator pangsa pasar, kategorisasi produk, lokasi pemasaran, dan target yang hendak diraih. Apabila target tidak tercapai maka dapat dilakukan evaluasi pada performa tim dan indikator yang telah dimasukan dalam rencana pemasaran.

Lebih Tanggap dengan Perubahan

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi situasi dan kondisi bisnis baik itu faktor internal dan eksternal, terutama faktor eksternal seperti kondisi ekonomi negara, kondisi sosial politik, hingga harga minyak dunia. Hal-hal tersebut sifatnya dinamis dan hampir semua juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dengan adanya rencana pemasaran yang jelas, dapat dijadikan tolak ukur untuk membuat keputusan krusial jiak sewaktu-waktu terjadi perubahan yang tidak terduga. Dengan demikian dapat lebih tanggap dan lebih siap menghadapi perubahan agar keberlanjutan bisnis dapat terjamin.

Sarana Pembelajaran

Rencana pemasaran yang dibuat dengan baik dan lengkap mencakup setiap bagian dari perusahaan dari level managemen hingga ke bagian operasional langsung, menjadi pedoman setiap bagian untuk mengambil pelajaran.

Beberapa hal yang telah dijelaskan di atas menginformasikan betapa pentingnya rencana pemasaran untuk kelanjutan dari bisnis yang dijalankan. Berikutnya perlu juga mengetahui jenis-jenis rencana pemasaran atau marketing plan yang berbeda-beda tergantung dari jenis bisnisnya, karena tidak boleh sembarangan dalam menyusun rencana pemasaran, sebab harus menyesuaikan dengan jenis bisnis dan produk yang ditawarkan.

Rencana Pemasaran Produk Baru

Saat produk baru akan diluncurkan, tentunya rencana pemasaran harus dibuat dan fokus pada penjabaran konsep secara detil untuk tiap produk. Konsep tersebut harus dibuat dengan penuh kehati-hatian mulai dari proses perancangan hingga uji coba ke pasar. Untuk itu perlu pendefinisian setiap langkah secara detil yang dilengkapi dengan timeline.

Rencana Pemasaran Berdasarkan Letak Geografis

Rencana pemasaran ini dibuat berdasarkan letak geografis suatu daerah sebagai dasar pengambilan keputusan dan merencanakan rencana pemasaran dan menitikberatkan pada area tertentu dengan lebih spesifik. Karena tiap tempat mempunyai karakter yang berbeda-beda termasuk kemampuan ekonomi masyarakatnya. Dengan memahami karakteristik suatu wilayah maka pemasaran produk untuk wilayah tertentu dapat lebih mudah dilakukan.

Rencana Pemasaran berdasarkan Segmentasi Pasar

Rencana pemasaran yang satu ini menitikberatkan pada karakteristik pasar dalam suatu populasi masyarakat. Dengan asumsi terdapat segemtasi dari karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda. Maka tim marketing akan memberikan perlakukan yang berbeda pada setiap segmen dengan tujuan produk dapat diterima dengan lebih mudah.

Rencana Pemasaran berdasarkan Pelanggan

Dalam membuat rencana pemasaran ini menitikberatkan pada target pelanggan yang lebih spesifik pada pelanggan tertentu yang potensial memberikan dampak positif terhadap perkembangan bisnis.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pentingnya rencana pemasaran dalam bisnis. Jadi mulai sekarang sebelum bisnis dijalankan buatlah dahulu rencana pemasarannya agar punya target yang hendak dicapai dan tau apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Nah, sebelum menyusun rencana pemasaran tentunya terlebih dahulu harus diputusakan akan berbisnis apa. Bagi yang masih bingung, kenapa tidak memulai bisnis agen pulsa dan PPOB. Untuk itu silahkan daftar di Toko isi pulsa. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan Kami
Powered by