Inilah Cara Membuat Rencana Pemasaran suatu Bisnis

Pentingnya Rencana Pemasaran dalam Bisnis
Pentingnya Rencana Pemasaran dalam Bisnis
May 12, 2020

Inilah Cara Membuat Rencana Pemasaran suatu Bisnis

Inilah Cara Membuat Rencana Pemasaran suatu Bisnis

Inilah Cara Membuat Rencana Pemasaran suatu Bisnis

Pastikan Anda sebelumnya sudah membaca informasi tentang “Pentingnya Rencana Pemasaran dalam Bisnis”, agar Anda mendapat pemahaman secara utuh dan menyeluruh tentang pembuatan rencana pemasaran suatu bisnis. Dengan membaca informasi tersebut diharapkan Anda sudah faham paling tidak tahu apa itu pemasaran, rencana pemasaran, alasan pentingnya rencana pemasaran dan jenis-jenisnya. Apabila sudah memahami paling tidak telah membaca konsep dasar tentang rencana pemasaran, Anda dapat mengikuti dan mampu membuat sendiri bagaimana membuat rencana pemasaran untuk suatu bisnis. Intinya setelah Anda mempelajari konsep-konsep dasar yang didapatkan dari informasi sebelumnya, Anda diharapkan mampu menuangkannya ke suatu bentuk yang lebih nyata. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tapi padat dan jelas bagaimana cara membuat rencana pemasaran suatu bisnis, yaitu:

Fahami Bisnis Anda Sendiri Secara Utuh

Bagaimana bisnis bisa berkembang pesat dan memberikan banyak keuntungan, kalau Anda sendiri tidak faham secara utuh pada bisnis yang Anda jalankan. Jadi Anda harus faham minimal mengenal secara utuh bisnis yang Anda geluti. Sehingga Anda dapat memberikan pandangan tentang kondisi bisnis terkini baik dari sisi internal maupun eksternal. Cobalah Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan sederhani ini, seperti: Bisnis apa yang Anda jalankan? Bisnis Anda menawarkan apa, jasa atau produk? Bagaimana Anda menjalankan bisnisnya? Apakah dijual secara online, offline atau keduanya? Untuk mempermudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, cobalah gunakan analisa SWOT. Analisa SWOT terdiri dari beberapa elemen seperti kekuatan dan kelemahan yang akan memberikan gambaran tentang kondisi internal bisnis Anda. Kemudian, ada kesempatan dan ancaman yang memberikan gambaran tentang peluang dan hal-hal yang bisa menghambat perkembangan bisnis di masa depan. Diharapkan dengan gambaran yang lengkap dan detil, Anda bisa menentukan posisi dan menilai bisnis Anda sendiri. Bukankah sebagai pemilik bisnis harusnya lebih tahu secara utuh ketimbang orang lain?

Buat Target Pasar

Dalam membuat target pasar, kumpulkan informasi selengkap mungkin tentang konsumen seperti tempat tinggal, usia, jenis kelamin, kebiasaan dan hal-hal yang membuat mereka tertarik. Dengan demikian Anda dapat menentukan target pasar dari bisnis Anda dengan lebih tepat dan lebih mudah pula mengidentifikasi strategi apa yang tepat untuk diterapkan.

Lakukan Analisis Pesaing

Analisis pesaing diperlukan untuk mengetahui kondisi pebisnis lainnya seperti pengetahuan tentang produk dan layanan mereka, sehingga Anda lebih mudah untuk membuat pembeda agar produk Anda terlihat lebih menonjol dan menarik perhatian konsumen.

Tentukan Target yang Hendak Dicapai

Sebelum menjalankan bisnis Anda harus punya target yang hendak dicapai agar Anda bersemangat untuk meraihnya. Target bukan berarti soal angka-angka yang besar keuntungan penjualan, walaupun sah-sah saja dalam menentukan target yang hendak dicapai. Tapi ada yang lebih penting yaitu target untuk jangka waktu tertentu sebagai batu loncatan dengan tetap mempertimbangkan target bisa dicapai atau tidak.

Buat Kerangka Strategi

Dalam membuat kerangka strategi sebaiknya strategi pemasaran dibuat dengan lebih lengkap dan detil dan disarankan berbeda-beda untuk setiap tujuan yang ingin dicapai agar lebih terstruktur dan tentu saja memudahkan tim dalam bekerja. Juga untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi, tidak harus merubah semuanya.

Rancang Anggaran

Merancang anggaran untuk rencana pemasaran yang dibuat harus dilakukan dengan fokus pada kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran seperti besar anggaran untuk promosi dalam periode tertentu, untuk apa saja anggaran tersebut dan dari mana sumbernya.

Jalankan Strategi

Tidak kalah pentingnya dalam pembuatan rencana pemasaran, setelah strategi pemasaran ditetapkan maka segera jalankan. Rencana pemasaran akan menjadi panduan untuk bisnis Anda dalam melakukan pemasaran.

Bukan masalah Anda sudah atau belum pernah membuat rencana pemasaran, ada banyak referensi di internet yang bisa dijadikan kerangka atau contoh dalam pembuatan rencana pemasaran. Namun, berikut ini ada contoh kerangka sebagai acuan untuk membuat rencana pemasaran yang menarik, yaitu:

Latar Belakang

Jelaskan secara singkat awal mula bisnis Anda termasuk latar belakang dan alasan terealisasinya bisnis, agar karyawan Anda mendapatkan kesamaan sudut pandang tentang bisnis Anda.

Problem Statement

Bisnis yang berkesinambungan akan mampu menjawab tiap permasalahan yang datang dari konsumen. Problem statement adalah pertanyaan yang muncul dan perlu dijawab, bisa juga kebutuhan yang harus dipenuhi dan bisa terjawab dengan produk yang Anda tawarkan.

Goals & Objective

Tuliskan tujuan dalam bentuk poin pendek yang sifatnya bisa diukur atau berdasarkan kuantitas, contohnya target penjualan, dll.

Target Audience

Dalam menentukan target audience dapat fokus pada demografi seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan, dsb. dan psikografi seperti nilai yang konsumen pegang dan cara pandangnya. Dengan demikian Anda akan bisa menentukan bahasa komunikasi dan channel komunikasi yang sesuai untuk mereka.

Channel Utilization

Tiap channel tentunya mempunya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, karena itu Anda harus tahu karakter setiap channel.

Strategi Komunikasi

Untuk meningkatkan performa bisnis, Anda juga harus mengatur strategi komunikasi. Beberapa tahapan dalam merancang strategi komunikasi yaitu buat analisis situasi, tentukan audiens, tentukan pesan utama dari produk Anda, menentukan fase (fase awareness, acquisition, engagement, activation, retention, setiap fase dianjurkan menggunakan pesan, bahasa dan channel yang sesuai), tentukan instrumen promosi yang tepat apakah lewat media konvensional atau digital, tentukan anggaran dan terakhir, tentukan timeline.

Timelines

Dalam membuat rencana pemasaran dapat dimulai dengan menentukan jangka waktu tertentu, channel apa yang digunakan, berapa anggarannya dan tetapkan tujuan yang dapat dicapai dalam waktu tertentu sehingga tetap terukur.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara membuat rencana pemasaran. Jangan lupa apabila Anda masih bingung mau usaha apa atau ingin punya bisnis sampingan, kenapa tidak bisnis pulsa dan PPOB. Silahkan daftar di Toko Isi Pulsa. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan Kami
Powered by