Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Meminjam Uang untuk Modal Bisnis

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari dalam Pengelolaan Keuangan Bisnis
Kesalahan Umum yang Harus Dihindari dalam Pengelolaan Keuangan Bisnis
April 23, 2020
Cara Mempromosikan Bisnis Pulsa dan PPOB di Facebook
Cara Mempromosikan Bisnis Pulsa dan PPOB di Facebook
April 25, 2020

Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Meminjam Uang untuk Modal Bisnis

Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Meminjam Uang untuk Modal Bisnis

Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Meminjam Uang untuk Modal Bisnis

Untuk dapat memulai dan menjalankan bisnis apapun tak terkecuali bisnis pulsa tentu membutuhkan yang namanya modal. Besar atau kecilnya modal tentu bergantung pada skala dan bisnis yang akan dijalankan. Dan modal bisa didapatkan dari uang pribadi, patungan, investor dan dari pinjaman. Modal juga tidak melulu dalam bentuk uang cash, tapi bisa bangunan, kendaraan, lahan, peralatan, dll. yang sudah ada untuk digunakan dalam bisnis. Jika Anda baru akan memulai bisnis yang tidak memerlukan modal yang besar seperti bisnis agen pulsa dan pembayaran online, lebih baik menggunakan uang pribadi hasil dari tabungan sendiri. Pertimbangkan dengan masak bila hendak pinjam uang untuk modal bisnis karena resikonya terlalu tinggi. Apabila terpaksa harus pinjam uang, maka pinjamlah uang dari lembaga keuangan resmi seperti bank syariah. Jangan pernah sekali-kali meminjam uang dari pinjaman online yang tidak resmi atau rentenir, karena resikonya terlalu besar. Walau diawal Anda merasa terbantu, tapi seiring berjalannya waktu, Anda akan memikul beban berat membayar utang dengan bunga yang besar.

Solusi yang relatif aman untuk kelangsungan bisnis lebih baik modal menggunakan uang pribadi atau cari mitra bisnis untuk bekerja sama mengelola bisnis dengan masing-masing menyetor modal. Alternatif lainnya, Anda mencari investor yang mau menanamkan modalnya pada bisnis Anda. Tapi tentu hal ini cukup sulit dilakukan bagi pemula karena harus mampu meyakinkan calon investor bahwa bisnis yang akan dijalankan cukup menguntungkan dan Anda beri jaminan tidak akan mengalami kerugian minimal bisa balik modal. Pilihan terakhir dan mungkin yang banyak dilakukan banyak orang sebagai jalan pintas mendapatkan modal adalah dengan meminjam uang terutama dari bank-bank resmi. Namun perlu diingat bahwa saat Anda memutuskan untuk meminjam uang untuk modal binis, Anda akan punya beban untuk mengembalikan pinjaman pokok dan bunganya. Karena itu sebaiknya kalau terpaksa harus meminjam uang, pinjam dari bank syariah agar terhindar dari riba, dan dilakukan untuk mengembangkan bisnis bukan untuk memulai bisnis. Dan berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meminjam uang untuk modal bisnis, yaitu:

Jenis Pinjaman

Saat sudah memutuskan untuk meminjam uang untuk modal, maka Anda harus sudah memutuskan juga dari lembaga keuangan resmi mana Anda mengajukan pinjaman uang. Apakah Anda akan meminjam uang dari bank, koperasi atau lembaga keuangan resmi lainnya. Hindarkan meminjam uang dari perorangan terlebih yang terang-terangan menetapkan bunga yang tinggi. Kalaupun bisa meminjam dari teman atau keluarga, maka tetap harus punya komitmen untuk mengembalikan uang sesuai tenggat waktu yang ditetapkan dan disepakati. Sementara bila hendak meminjam uang dari lembaga keuangan resmi, maka Anda harus mengoreksi diri apakah bisa memenuhi syarat yang ditetapkan lembaga keuangan tersebut. Anda juga harus mengetahui detil syarat dan ketentuan yang berlaku seperti besar bunga dan lama cicilan untuk pelunasan pinjaman.

Keuntungan dan Kerugian

Penting untuk memperhatikan dan memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi bila meminjam uang untuk modal. Mengingat masing-masing lembaga keuangan mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Seperti ada yang menawarkan persyaratan yang mudah dan cepat, tapi membebankan bunga yang cukup tinggi yang harus dibayar tiap bulannya. Selain itu harus pula diperhitungkan resiko apabila gagal mengembalikan atau membayar pinjaman, seperti apa dampaknya pada diri Anda atau bisnis Anda. Demikian juga jika meminjam uang untuk modal dari teman atau keluarga, akan seperti apa hubungan dikemudian hari saat Anda gagal mengembalikan pinjaman.

Dampak dan Potensi

Anda harus benar-benar mempertimbangan dengan matang apakah uang pinjaman yang didapatkan sebagai modal bisa berdampak positif pada bisnis yang akan dijalankan. Demikian juga dengan dampak negatif yang mungkin saja terjadi, karena bagaimanapun uang pinjaman akan menjadi beban yang harus dibayar. Karena pengelolaan keuangan bisnis menjadi sangat penting agar pengeluaran dan pemasukan juga saldo bisa tercatat dengan jelas dan detil, sehingga kondisi keuangan dan kemampuan membayar bisa terkontrol. Maka dari itu sebelum meminjam uang harus dipertimbangkan akan digunakan untuk apa saja uang tersebut, dan pinjaman untuk jangka pendek, sekali atau terus menerus. Semua harus sudah dipertimbangkan dan dianalisa dengan teliti, jangan sampai berdampak negatif terhadap perkembangan bisnis. Akan tetapi saat memutuskan untuk meminjam uang, Anda harus sudah memperhitungkan potensi dari bisnis yang akan dijalankan bisa berkembang.

Demikianlah informasi singkat mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meminjam uang untuk modal bisnis termasuk bisnis pulsa. Salah satu usaha atau binis yang tidak membutuhkan modal yang besar bisa mulai menjalankan bisnis agen pulsa dan pembayaran online. Segera daftar di Toko isi pulsa agar bisa segera berjualan pulsa dan paket data juga pembayaran online atau PPOB. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan Kami
Powered by