Bingung Mau Bisnis Apa? Kenapa Tidak Mencoba Binis Makanan Ringan

Jadi Pengusaha itu Harus Kreatif
Jadi Pengusaha itu Harus Kreatif
May 6, 2020
Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan
Tips Merintis Bisnis Usaha Percetakan
May 8, 2020

Bingung Mau Bisnis Apa? Kenapa Tidak Mencoba Binis Makanan Ringan

Bingung Mau Bisnis Apa? Kenapa Tidak Mencoba Binis Makanan Ringan

Bingung Mau Bisnis Apa? Kenapa Tidak Mencoba Binis Makanan Ringan

Saat membaca tulisan ini mungkin diantaranya ada yang sedang merencanakan atau berkeinginan membuka usaha. Dan biasanya punya pertanyaan yang kadang susah juga untuk menemukan jawabannya, yaitu usaha apa ya? Bisnis apa ya? Tidak usah bingung lagi, semoga setelah membaca tulisan ini Anda terinspirasi untuk memulai menjalankan bisnis dari ide-ide bisnis makanan ringan yang akan dijelaskan pada kesempatan ini. Jangan mengecilkan bisnis makanan ringan ini, mengingat produk olahan ini banyak penikmatnya. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa banyak menyukai makanan ringan sehingga peluang memperloleh keuntungan cukup besar. Hampir sama dengan bisnis pulsa dan PPOB untuk mendapatkan keuangan yang maksimal harus sering dan banyak terjadi transaksi. Hal tersebut bisa dicapai apabila produk makana ringan yang ditawarkan memiliki kemasan yang menarik, punya aneka ragam variasi dari warna dan rasa, serta yang terpenting enak rasanya juga aman untuk dikonsumsi. Dipadukan dengan strategi pemasaran yang tepat baik offline maupun online, maka tidak menutup kemungkinan yang pada awalnya coba-coba bisa berkembang pesat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Sebagaimana kita ketahui makanan ringan, kudapan atau cemilan merupakan istilah yang seringkali kita dengar untuk jenis produk olahan makanan yang sering dinikmati rasanya sebagai pengganjal saat lapar atau santai. Penikmat makanan ini datang dari berbagai kalangan dan lintas generasi rata-rata menggemari cemilan khas ini. Biasa disajikan atau dinikmati saat menemani nonton tv, berkumpul bersama keluarga atau teman, nongkrong, mengerjakan tugas, dll. Jadi, tidak ada keraguan lagi bahwa bisnis makanan ringan ini cukup menjanjikan bila digeluti dengan serius. Apalagi jika mampu berinovasi mengeluarkan produk-produk olahan yang beraneka ragam dan jenis yang memberikan banyak pilihan serta sesuatu yang baru biasanya menarik perhatian dan minat konsumen untuk membelinya. Sehingga peluang dalam bisnis makanan ringan ini terbuka lebar bagi mereka yang kreatif dan terus berinovasi. Dan sebelum menjalankan bisnis makanan ringan beberapa hal harus dipersiapkan secara matang meliputi perencanaan bisnis, riset dan analisa pasar agar diketahui produk seperti apa yang disukai banyak konsumen dan bagaimana tingkat persaingannya terutama mengenali para produsen yang bermain dalam pasar tersebut.

Selain itu juga perlu memperhatikan beberapa tips yang sebaiknya dilakukan agar bisnis makanan ringan dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Seperti produk makanan ringannya berkualitas baik, baik dari bahan baku, pengolahan, kemasan menarik, tidak mengandung bahan berbahaya dan rasanya enak. Lalu, selalu berinovasi baik dari produk dan teknik pemasarannya, sehingga selalu menawarkan produk yang berbeda dari produk pesaing yang ada di pasar agar lebih mudah dibedakan dan ditemukan konsumen. Kemudian, bangun hubungan yang baik dengan pelanggan dengan cara memberikan layanan yang baik dan bijaksana, membuat pelanggan nyaman dan memberikan kesan yang baik dari penampilan dan tutur kata baik lisan ataupun tulisan. Selanjutnya tentukan strategi promosi atau pemasaran yang tepat berdasarkan hasil riset dan anasalisa pasar, misalnya memberikan diskon, bobot makanan yang lebih banyak, bagikan makan sample secara gratis, dan manfaatkan secara maksimal keberadaan sosial media. Terakhir dalam jiwa harus tertanam dan terus dipupuk untuk berfikir ke depan, menyeluruh dan selalu berfikir positif.

Nah, setelah mengetahui apa dan seperti apa bisnis makanan ringan tersebut, serta hal-hal yang harus dipersiapkan dan tips apa saja yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis makanan ringan. Maka saatnya menentukan makanan ringan, kudapan atau cemilan apa saja yang akan diproduksi dan dijual pada konsumen. Berikut ini beberapa makanan ringan yang bisa dijadikan ide untuk memulai bisnis, diantaranya: Seblak, Mie lidi, gorengan, roti bakar, singkong keju, batagor, aneka tahu, aneka keripik, stik talas, onde-onde, lanting, gurilem, kembang goyang, keripik pisang coklat, cireng, cilok, bakso goreng, makanan ukuran mini, makanan dengan keju mozarela, dan masih banyak lagi. Itu hanya sebagian kecil yang bisa dijadikan inspirasi untuk coba membuka bisnis makanan ringan. Tidak menutup kemungkinan menciptakan inovasi baru dari produk olahan yang sudah ada menjadi cemilan baru yang baru. Contoh dulu tidak ada seblak, tapi ternyata dari bahan kerupuk dengan sedikit kreativitas bisa melahirkan produk olahan makanan ringan berupa seblak dengan tambahan bahan lainnya yang banyak penikmatnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bisnis makanan ringan yang mungkin saja bisa menginspirasi Anda untuk membuka dan menjalankan bisnis. Disamping bisnis makanan ringan, ada bisnis yang bisa tidak membutuhkan modal yang besar bahkan tidak membutuhkan tempat khusus walau tetap direkomendasikan kalau memungkinkan, yaitu bisnis pulsa dan PPOB. Silahkan daftar di Toko Isi Pulsa dan mulai menjalankan bisnis agen pulsa dan PPOB. Terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan Kami
Powered by